Blog ini berisikan tentang perkembangan agama islam serta sejarah - sejara perkembang islam dan aturan - aturan yang ada di dalam islam serta Soal - soal Pelajaran PAI

Tanda - tanda Orang Yang beriman {Kepada Allah dan Rasul Allah }

      Tahukah kamu apakah iman itu ? Iman artiyan percaya atau yakin. Apakha percaya atau yakin itu cukup dengan ucapan saja ? tentu tidak, sebab yang dimaksud dengan iman adalah
      “Pengakuan lisan, hati membenarkan dan dilakukan dengan perbuatan “ ( Al Hadis )
    Dalam iman terdapat tiga unsur yaitu ucapan, hati, dan perbuatan yang harus ada dalam diri setiap orang yang beriman. dari ketiga unsur tersebut unsure yang satu dengan yang unsur yang lainnya tidak bisa di pisahkan. masih ingatkah kamu sebutan untuk orang yang beriman  hanya di mulut saja sedangkan di hatinya tidak ? orang tersebut pada dasarnya bukan termasuk orang beriman. Sebutan untuk orang seperti itu adalah  Munafik.
     Tanda - tanda orang yang beriman itu banyak. diantara tanda - tanda itu misalnya mendirikan salat dengan Khusuk, menjauhkan diri dari pembicaraan yang tak berguna, menunaikan zakat, memelihara amanat dan janji serta perilaku terpuji lainya. Namun pada dasarnya,  Tanda orang beriman itu ada dua yaitu: taat kepada Allah Swt dan Kepada Rasul Allah.



   A. Taat Kepada Allah Swt

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ 
Artinya : “ Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam” ( Q.s Ali Imran : 102 )
   Allah Menciptakan manusia lengkap dengan akal piker. Akal pikir dapat membedakan hal - hal yang baik dengan hal yang buruk. Dengan akal pikirannya pula manusia mampu menuntut berbagai ilmu pengetahuan untuk bekal hidupnya.  Allah menciptakan manusia sebagai” Khalifah “ untuk melaksanakan perintah - perintah-nya, memakmurkan, serta memanfatkan segala apa yang ada di muka bumi ini.
   Tahunkah kamu apakah yang dimaksud dengan taat dan takwa kepada Allah? taat kepada Allah maksudnya adalah mengerjakan semua perintah-nya dan menjauhi segala larangan -Nya.
   Perintah - perintah Allah itu antara lain menuntut ilmu pengetahuan, berbakti kepada orang tua, mendirikan salat, berpuasa dibulan Ramadan, menunaikan zakat, mengasihi orang lain seperti mengasihi diri sendiri, dan perintah Allah lainya. Larangan - larangan Allah antara lain durhaka kepada ibu/Bapak, malas belajar, mencuri, menipu ,berdusta dan perbuatan tidak terpuji lainya.
   Sebagai orang yang beriman, taat kepada Allah merupakan kewajiban yang harus kita lakukan dimana pun dan kapan pun kita berada. Baik itu di saat ramai atau sepi, baik disaat kita kaya maupun miskin, dan juga baik disaat senang maupun sedih.
Sabda Nabi Muhammad Saw :
عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ جُنْدُبِ بْنِ جُنَادَةَ وَ أَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ  رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَـا عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : «اِتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ ، وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْـحَسَنَةَ تَمْحُهَا ، وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ». رَوَاهُ التِّرْمِذِيُّ ، وَقَالَ : حَدِيْثٌ حَسَنٌ. وَفِي بَعْضِ النُّسَخِ : حَسَنٌ صَحِيْحٌ

Artinya :Betakwalah kepada Allah di mana pun engkau berada. Dan ikutilah kejelekan dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapusnya. Dan pergaulilah sesama manusia dengan akhlak mulia.” (H.R .Ahmad dan Tirmidzi )
Allah berjanji akan memberikan keistimewaan, pertolongan, dan bimbingan kepada siapa saja di antara kita yang selalu berusaha untuk tetap taat dan bertakwa kepada-Nya janji Allah itu sebgai berikut :
1.      Memberi jalan keluar ketika menghadapi masalah yang sangat sulit,
2.      Memberi Rezeki yang tidak di duga duga
3.      Mendapat petunjuk untuk membedakan hal - hal yang hak ( benar ) dan yang batil ( salah )
4.      Semua kesalahan dan dosa diampuni
5.      di akhir kelak akan masuk surga

  
   B. Taat Kepada Rasul Allah


      Rasul Adalah pembawa syariat Allah untuk di sampaikan kepada umatnya. dia Adalah orang yang telah Allah pilih. Dia adalah manusia pilihan Allah yang bersifat”Maksum” Yaitu Terpelihara dari perbuatan tercela dan dosa. Taat kepada rasul merupakan suatu perintah Allah kepada manusia, sebab Rasul Adalah utusan Allah. Taat kepada rasul Allah selalu di awali dengan taat kepada Allah . Banyak kita temukan ayat Al quran yang memerintahkan kita agar taat kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya. Ayat itu antara lain:
وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَخْشَ اللَّهَ وَيَتَّقْهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَائِزُونَ
Aritnya : “ Dan barang siapa yang taat kepada Allah dan rasul-Nya dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang-orang yang mendapat kemenangan”. ( Q.S. An Nur. 52 )
FIrman Allah Swt :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَلَا تُبْطِلُوا أَعْمَالَكُمْ
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul dan janganlah kamu merusakkan (pahala) amal-amalmu. ( Q.S. Muhammad; 33 )
وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَاحْذَرُوا ۚ فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّمَا عَلَىٰ
رَسُولِنَا الْبَلَاغُ الْمُبِينُ
Artinya : Dan taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kamu kepada Rasul-(Nya) dan berhati-hatilah. Jika kamu berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya kewajiban Rasul Kami, hanyalah menyampaikan (amanat Allah) dengan terang. ( Q.S. Al Maidah; 92 )
     Bagaiman caranya taat kepada rasul Allah itu ? Taat kepada Rasul Allah dapat dilakukan dengan cara berikut :
   1. Membiasakan diri menjalankan ajaran - ajaran yang Rasul Allah sampaikan Firman Allah Swt:
مَا أَفَاءَ اللَّهُ عَلَىٰ رَسُولِهِ مِنْ أَهْلِ الْقُرَىٰ فَلِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ وَلِذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ كَيْ لَا يَكُونَ دُولَةً بَيْنَ الْأَغْنِيَاءِ مِنْكُمْ ۚ وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُالْعِقَابِ

Artnyai: Apa saja harta rampasan (fai-i) yang diberikan Allah kepada Rasul-Nya (dari harta benda) yang berasal dari penduduk kota-kota maka adalah untuk Allah, untuk Rasul, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang dalam perjalanan, supaya harta itu jangan beredar di antara orang-orang kaya saja di antara kamu. Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya. (Q.S.Al Hasyr : 7 )



   2. Mencintai Rasul Allah dengan melakukan sesuatu yang disukai dan di senanginya.
  Sabda Rasulullah Saw:
قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا بُنَيَّ إِنْ قَدَرْتَ أَنْ تُصْبِحَ وَتُمْسِيَ لَيْسَ فِي قَلْبِكَ غِشٌّ لِأَحَدٍ فَافْعَلْ ثُمَّ قَالَ لِي يَا بُنَيَّ وَذَلِكَ مِنْ سُنَّتِي وَمَنْ أَحْيَا سُنَّتِي فَقَدْ
أَحَبَّنِي وَمَنْ أَحَبَّنِي كَانَ مَعِي فِي الْجَنَّةِ

Artinya
: Wahai, anakku! Jika kamu mampu pada pagi sampai sore hari di hatimu tidak ada sifat khianat pada seorangpun, maka perbuatlah,” kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepadaku lagi: “Wahai, anakku! Itu termasuk sunn
ahku. Dan barangsiapa yang menghidupkan sunnahku, maka ia telah mencintaiku. Dan barangsiapa yang telah mencintaiku, maka aku bersamanya di Surga”.( AL Hadis )

  Dengan demikian , orang yang taat kepada  Rasul Allah dan menjalankan sunahnya akan memperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat nanti. sebaliknya orang yang tidak taat kepada Rasul Allah dan menentangnya, maka dia mendapat celaka dan di akhirat nanti akan masuk neraka. Tentu kalian masih ingat paman Nabi Muhammad Saw. Yang bernama “ Abu Lahab “. Dia memusuhi Nabi Saw. dan bahkan menentang ajaran yang Nabi Saw  bawa. Oleh karena itu, nama Abu lahab diabadaikan oleh Allah dalam   Al Quran sebagai contoh nyata orang yang menentang Rasul Allah dan kelak pasti Masuk neraka.

   Taat kepada Allah dan Rasul- Nya  harus di atas segala - galanya.Tahukah kamu bagaimana taatnya Nabi Ibrahim as. Kepada Allah, beliau, ketika Allah perintah agar menyembelih putranya ( ismail ), Nabi Ibrahim melukan perintah Allah itu. Begitu pula ismail, ia bersedia di sembelih ayahnya karena taat kepada Allah. Begitulah seharusnya taatnya seorang hamba kepada Allah pencipta Alam semesta ini.
Share:

No comments:

Post a Comment

ADIT. Powered by Blogger.

Popular Posts

Flag Counter

Total Pageviews

contact Froms