Blog ini berisikan tentang perkembangan agama islam serta sejarah - sejara perkembang islam dan aturan - aturan yang ada di dalam islam serta Soal - soal Pelajaran PAI

Al - Fatihah ( Penjelasan Surat Al -Fatihah )


Surat Al- Fatihah terdiri dari tujuh ayat dan  di turunkan di Mekah (Makkiyah ). Surat inilah yang di turunkan dengan lengkap di antara surat - surat yang ada dalam Al-Quran.

       1. Bacaan Surat Al-Fatihah


     2.  Terjemahan Surat Al - Fatihah

Surat Al - Fatihah mengandung beberapa bagian pokok yang mengambarkan seluruh isi Al -Quran. Oleh karena itu, Surat Al - Fatihah dinamakan Ummul Quran atau  Induk Al - Quran.
Arti surat Al fatihah berikut

  1.  Dengan Menyebut nama Allah yang maha Pemurah dan Maha penyayang
  2.  Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam
  3.  Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
  4. Yang Menguasai Hari pembalasan
  5. Hanya Kepada engkau kami menyembah dan hanya Kepada Engakaulah kami mohon pertolongan.
  6. Tunjukkanlah kami jalan yang lurus
  7. (yaitu) jalan orang - orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan )mereka yang di murkai dan bukan ( pula ) jalan mereka yang tersesat.

    3. Penjelasan Surat Al - Fatihah

   a. Penjelasan Secara umum

Al - Fatihah Artinya Pembukaan. Surat ini di sebut Al - Fatihah ( Pembukaan ), Karena surat inilah AL -Quraan dibuka dan dimulainya. Surat Al - Fatihah diturunkan di Mekah dan terdiri 7 ayat. Termasuk golongan Surat Makkiyah. Ada beberapa nama yang menjadi sebutan bagi surat Al - Fatihah, Yaitu :

    1. ) Ummul Quran , Artinya Induk AL - Quran, atau Ummul Kitab  Artinya induk Al-kitab. sebutan ini diberikan karena sura Al -Fatihah Merupakan induk dari semua isi Al -Quran dan menjadi intisari kandungan Al -Quran.

    2.) As-sab’ul matsaany, Artinya tujuh ayat yang dibaca berulang - ulang. Sebut ini karena ayatnya memang tujuh, kemudian di baca berulang - ulang dalam shalat dan hukumnya Wajib. Orang yang tidak membaca surat Al-fatihah ketika shalat, maka shalatnya tidak sah.

   b. Penjelasan Tiap Ayat

      1.) Dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah dan Maha penyayang

Setiap pekerjaan baik yang tidak dimulai menyebut nama Allah, maka pekerjaan itu tidak sempurna. Olehkarena itu,hendaklah membaca ayat pertama dari Al-Fatihah ini , setiap kali akan melakukan pekerjaan baik.

     2.) Segala Puji bagi Allah, Tuhan semesta ini

Salah satu ciri orang beriman dalam ayat ini adalah memuji dan mengucapkan Syukur atas segala nikmat yang telah dianugerahkan oleh Allah yang terdapat di alam semesta. diantara nikmat itu ialah nikmat menciptakan, mendidik dan menumbuhkan. Rabbul ‘Aalamiin, tidak hanya berate Tuhan dan penguasa, tetapi juga mengandung arti mendidik dan menumbuhkan.

     3.)  Maha Pemurah dan Maha penyayang.

Allah adalah Tuhan Yang Maha Pemurah ( Ar-Rahman ),telah memberikan nikmat yang besar kepada seluruh mahkluk yang ada di alam semesta tanpa terkecuali. Allah pun Maha penyayang ( Ar-Rahim) Yaitu memberikan nikmat kepada hamba - hamba yang di kehendaki dan diridhai-Nya saja di akhirat.

     4.) Yang menguasai hari pembalasan

 Hari pembalasan adalah suatu hari  yang pasti akan terjadi. Pada hari itu, segala amal perbuatan manusia akan di perhitungkan. amal baik akan dib alas dengan rahmat dan karunia Allah berupa surga. sedangkan amal buruk akan dib alas dengan azab Allah berupa Neraka. Hanya Allah - lah yang maha mengetahui kapan waktu terjadinya. tidak ada seorangpun yang mengetaui dan mampu menghalanginya.

     5.) Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engakulah kamu mohon pertolongan.

Ungkapan ras syukur da pujian hamba kepada Allah diungkapkan melalui ibadah kepada-Nya, Ibadah merupakan kewajiban hamba yang harus dilaksanakan dengan sebaik -baiknya Seseorang yang meminta pertolongan kepada Allah, haruslah dimulai dengan melaksanakan ibadah sesempurna mungkin , Artinya kewajiban beribadah harus lebih dahulu ditunaikan sebelum menuntuk hak dalam bentuk pertolongan dari Allah.

      6.) Tunjukkanlah kami jalan yang lurus.

Ayat keenam surat Al-Fatihah berisi tentang doa hamba kepada Allah agar di tunjukan jalan yang lurus, Jalan hidup manusia tidak selalu mulus. Terkadang harus berhadapan dengan berbagai masalah. ketika menghadapi masalah, manusia harus memohon kepada Allah agar di beri jalan keluar yang terbaik.

     7.) (yaitu ) jalan orang - orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka  yang di murkai dan bukan ( pula ) jalan mereka yang sesat.

Pada ayat terakhir surat Al- Fatihah, dijelaskan tentang 3 ( tiga ) golongan manusia yaitu :
     1) Orang yang dianugrahi Nikmat
     2) Orang yang dimurkai Allah dan
     3 ) Orang yang sesat
Jalan yang lurus adalah jalannya orang yang diberi nikmat oleh Allah dan bukan jalannya orang yang di murkai atau jalan orang - orang yang sesat.

    4. Hubungan Surat AL- Fatihah dengan Shalat

Membaca Suarat Al- Fatihah dengan baik, akan menentukan sah tidaknya shalat kita, Rasulullah Saw. Bersabda: 

عَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأْ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ-رواه البخاري

Dari ‘Ubadah bin Ash Shamit, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada (tidak syah) shalat bagi yang tidak membaca Faatihatul Kitab (Al Fatihah).”-HR.Bukhari-

Imam Malik, Imam Syafi’i, Ahmad bin Hambal, dan kebanyakan ulama telah sepakat bahwa membcar Surat Al - Fatihah pada tiap rakaat Shalat hukumnya adalah Wajib, baik shalat fardhu ataupun Shalat sunah.


Share:

No comments:

Post a Comment

ADIT. Powered by Blogger.

Popular Posts

Flag Counter

Total Pageviews

contact Froms