Blog ini berisikan tentang perkembangan agama islam serta sejarah - sejara perkembang islam dan aturan - aturan yang ada di dalam islam serta Soal - soal Pelajaran PAI

Nabi Muhammad Saw Di Madinah

      Di makkah Nabi Muhammad Saw. Menyebarkan islam selama 13 tahun lamanya. Selama menegakkan Agama Allah beliau selalu di ganggu, dibenci, dikucilkan, dicaci maki dan bahkan hendak dibunuh oleh kaum kafir Quraesy. Akibatnya, Islam tidak dapat berkembang dengan lancer. Namun, ketika Nabi Muhammad saw.  Tinggal di Madinah barulah Islam dapat berkembang dengan cepat.
       Setelah Nabi Muhammad Saw. Menetap di madinah barulah beliau memulai rencana mengatur siasat dan membentuk masyarakat Islam yang bebas dari ancaman dan tekanan. Adapun usaha - usaha Pokok yang lebih dahulu dikerjakan Nabi Muhammad Saw. itu adalah sebagai berikut.

1.      Mendirikan Masjid.
2.      Mempersaudarakan kaum Muhajirin dengan Anshor.
3.      Mengadakan Perjanjian Perdamaian dengan kaum Yahudi.
4.      Meletakan Dasar - dasar politik, ekonomi dan Sosial untuk masyarakat Islam.

   A. Mempersatukan Kaum Muhajirin  Dan Anshor

        Kaum Muhajirin yang jauh dari sanak keluarga dan kampong Halaman mereka, di percepat Oleh Nabi Muhammad Saw. dengan mempersaudarakan mereka dengan kaum Anshor. Kaum Anshor  Telah Siap menolong mereka ( kaum Muahjirin ) dengan ikhlas tanpa memperhitungkan keuntungan - keuntungan yang bersifat materi. Pertolongan yang mereka berikan semata - mata mengharapkan keridaan Allah.
     Nabi Muhammad Saw. Mempersaudarakn setiap kaum muhajirin daengan Kuam Anshor, Seperti :
1.      Abu Bakar, Di persaudarakan dengan Kharijah bin Zaid,
2.      Umar bin Khatab, dipersaudarakan dengan ‘Itban  bin Malik Al-Khazraji, dan
3.      Ja’far bin Abi Talib, dipersaudarakn dengan Mu’az bin Jabal.
         Begitu seterusnya tiap - tiap orang dari kaum Anshor dipersaudarakan dengan kaum Muhajirin. Karena ketulusan hati mereka maka persaudaraan itu mereka rasakan bagaikan saudara Kandung. Rasulullah Sendiri bersaudara dengan Ali bin Thalib.
        Dengan demikian, kaum Muhajirin yang bertahun - tahun hidup tertekan, terancam, dan teraniaya oleh kafir Quraesy, Setelah hijrah dan tinggal di Madinah mereka merasa tentram dan aman menjalankan Syariat Agamanya.

   B. Membina Masyarakat Madinah

        Dalam rangka membina ,masyrakat  Madinah, Nabi Muhammad saw. beserta kaum muslimin dan masyarakat Madinah membangun masjid Nabawi. 


Mereka bekerja secara gotong - royong membangun masjid tersebut. Rasullulah saw. Sendiri turut bekerja mengangkut batu. Hal itu diikuti oleh kaum Muslimin secara beramai - ramai.
        Masjid yang dibangun Nabi Muhammad saw. bersama - sama kaum muslimin itu bentuknya sangat sederhana. Bangunanya berbentuk segi empat dan temboknya terbuat dari adukan tanah liat campur pasir. Separo dari bagian atasnya ditutup  dengan atap pelepah daun kurma dan separohnya lagi dibiarkan terbuka. Disekitar masjid dibangun tempat khusus untuk menampung fakir miskin yang tidak memiliki tempat tinggal, fakir miskin ini lah dalam sejarah di sebuat “ As Hab Suffah
         Adapun fungsi masjid Pada zaman Rasulullah Saw. Adalah sebagai berikut

1.      Tempat melakukan salat berjamaah
2.      Tempat membina masyarakat Madinah yang beragama Islam
3.      Tempat mengajarkan Pokok - pokok agama Islam kepada para sahabat
4.      Tempat berkumpulnya para sahabat.
5.      Tempat mengadakan Musyawarah
6.      Tempat menghimpun dan menyusun kekuatan Islam.

         Usaha berikunya yang dilakukan Rasulullah saw. adalah membuat perjanjian persahabatan dan perdamaian dengan kaum  Yahudi yang berdiam di dalam dan di sekeliling kota Madinah. Perjanjian itu beliau lakukan guna menciptakan suasan tentram dan aman di kota baru ( Madinah ) Perjanjian damai dengan kaum Yahudi itu dikenal dengan “ Piagam Madinah

      Isi perjanjian damai antara Nabi Muhammad Saw. dengan kaum Yahudi adalah Sebagai berikut:
1.       Kaum Yahudi hidup damai bersama - sama dengan kaum muslimin.
2.       Setiap golongan diberi kemerdekaan ( bebas )memeluk dan menjalankan agama masing - masing
3.      Kaum muslimin dan kaum Yahudi wajib tolong - menolong untuk melawan siapa saja yang menyerang mereka
4.      Kota madinah dijadikan kota suci yang wajib dihormati
5.      Setiap orang yang tinggal di madinah wajib dilindungi keamanannya.

        Dengan mengadakan perjanjian damai, kaum muslimin merasa aman dari ancaman kaum kafir Quraesy dan Kaum Yahudi lainya. Situasi itu dimanfaatkan Nabi Muhammad Saw. Untuk menyebarkan agama islam kepada penduduk Madinah yang belum beragama Islam. Banyak di antara mereka yang tertarik dan menyatakan masuk islam serta tidak sedikit kau Yahudi yang masuk Islam Pula. Hal ini membuat Islam akhirnya semakin kuat dan banyak pemeluknya. Karena masyarakat Islam telah terwujud maka Nabi Muhammad Saw menyusun pemerintahan dengan meletakan dasar - dasar pemerinthannya baik di bidang politik, ekonomi, social maupun bidang lainya. Dalam menyusun Pemerintahan, Nabi Muhammad saw. Menggunkan Kitabullah  ( Al Quran ) dan Sunah Rasulullah ( AL Hadis ) Sebagai sumber pedoman.

      C. Fathul Makkah

        Pada Tahun 6 H. Kaum kafir Quraesy telah mengadakan perjanjian Hudaibiyah dengan Nabi Muhammad saw. Isi perjanjian itu diantara lain tidak saling menyerang selam 10 tahun. Namun, ketika perjanjian itu baru berjalan 2 tahun kaum kafir Qurawsy membatalkannya secara sepihak dengan melakukan penyerangan terhadap kaum muslimin dari  Suku Khuza’ah.
        Mendengar berita penyerangan itu, Nabi Muhammad Saw. Pada tahun 8 H. Membawa pasukan ( Umat Islam) Sebanyak 10 .000 orang menuju kekota makkah. Tujuan Nabi Muhammad Saw. Serta Pasukanya adalah menghentikan tindakan kaum kafir Quraesy yang melakukan penyerangan terhadap kaum muslimin dari suku Khuza’ah tersebut.
      Orang Kafir Quraesy yang mendengar berita pasukan Nabi Muhammad saw. yang begitu besar mejadi gemetaran, ketakutan dan putus asa. Mereka juga ketakutan karena dari seluruh perang yang selalu dimenangkan umat Islam.
      Akhirnya, Pemimpin Quraesy yang bernama  Abu Sofyan  pergi menemui Nabi Muhammad saw. di luar kota makkah. Ia menyerah dan menyatakan masuk islam. Kemudian Rasulullah memerintahkan pasukannya memasuki kota Makkah dari empat jurusan. Dengan demikian Makkah jatuh ke dalam kekuasaan kaum muslim tanpa ada perlawanan sama sekali. Rasulullah memerintahkan pasukannya untuk:

1.      Menghancurkan patung - patung
2.      Tidak boleh membunuh orang yang tidak mengangkat senjata
3.      Menghormati kaum wanita dan anak - anak.

        Peristiwa ini sering disebut dengan Fathul Makkah . Tahukah kamu apakah Fathul Makkah itu ? Fathul Makkah aritnya  Kemenangan kaum muslim atas kota makkah.
       Ketika Rasulullah sampai di depan pintu Kakbah, beliau berkhotbah dan orang - orang Quraesy datang berbondong - bonding menghampiri beliau. Sesuai Khotbah beliau bertanya kepada yang hadir, “  Hai orang - orang Quraesy, menurut kalian apakah kiranya yang hendak kuperbuat terhadap kalian ? jawab mereka, “ segala yang baik! anda adalah Saudara kami yang bermurah hati dan putra saudara kami yang baik budi” Kemudian, Rasulullah saw. Bersabda :
Kukatan kepada kalian seperti yang dahulu pernah di katakana Nabi Yusuf kepada sadara - saudarnya. Kalian tidak bersalah! Pergilah Kalian semua.!”
    Menyaksiakan sikap yang tercemin pada diri Rasulullah yang pemaaf dan memberikan ampunan kepada kaum Quraesy sera me;ihat patung - patung yang selama ini dianggap Tuhan dihancurkan kaum muslimin tak dapat menolong dirinya, mereka sadar akan kekeliruan yang telah mereka perbuat. Akhirnya banyak diantara mereka yang insyat serta - merta Masuk Islam secara berbondong -  bonding.

Firman Allah SWT :
إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ، وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا، فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ ۚ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا
Artinya : “ Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan.
Dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong.Maka bertasbihlah dengan memuji Rabbmu dan mohonlah ampun kepada-Nya.
Sesungguhnya Dia adalah Maha Menerima taubat. [an-Nasr/110 : 1-3]




Share:

No comments:

Post a Comment

ADIT. Powered by Blogger.

Popular Posts

Flag Counter

Total Pageviews

contact Froms