Blog ini berisikan tentang perkembangan agama islam serta sejarah - sejara perkembang islam dan aturan - aturan yang ada di dalam islam serta Soal - soal Pelajaran PAI

Sedekah - Manfaat , ketentuan sedekah



عَنْ حَكِيْمِ بْنِ حِزَامٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلْيَدُ الْعُلْيَا خَيْرٌ مِنَ الْيَدِ السُّفْلَى، وَابْدَأْ بِمَنْ تَعُوْلُ، وَخَيْرُ الصَّدَقَةِ عَنْ ظَهْرِ غِنًى، وَمَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ اللهُ
Artinya : Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allâh akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.

 pernahkah kalian memberi sedekah kepada orang lain ? Apa saja yang kalian berikan ? Kita dapat memberi sedekah pada orang lain dalam bentuk uang, barang ,Pakaian yang layak dipakai, makanan, minuman atau benda - benda lainya yang bemanfaat. Namun kita dapat juga bersedekah dengan bermuka manis atau member senyuman pada orang lain. Bermuka manis atau bersikap ramah pun termasuk sedekah.
       Memberi sedekah kepada fakir miskin itu lebih baik, karena mereka sangat membutuhkan pertolongan, namun member sedekah kepada fakir miskin, hanya bernilai satu pahala. Tahu kah kamu ada sedekah yang mendapat dua pahala ? member sedekah kepada kerabat dekat yang membutuhkan mendapat dua pahala yang pertama adalah pahala sedekah dan yang kedua adalah pahala mempererat hubungan silahturahmi. Rasulullah Saw. telah menyatakan hal ini dalam sabdanya :

الصدقات للفقراء واحد الزكاة قيمة
وإغلاق الأقارب قيمة اثنين من 
الصدقات وربط العلاقات الأسرية

Artinya : Sedekah  kepada orang miskin nilanya satu sedekah dan kepada kerabat dekat nilainya dua
 yaitu  sedekah dan menyambung tali keluarga ( H.R. Nasa’i )
     Selain itu, ada juga sedekah yang pahalanya tidak akan pernah putus walaupun si pemberi sedekah telah meninggal dunia. Sedekah ini disebut Sedekah jariah, Yakni Sedekah yang pahalanya tetap mengalir.  Yang termasuk sedekah jariah misalnya membangun masjid, jalan untuk keperluan orang, membuat sumur untuk kepentingan orang banyak dan perbuatan baik lainya.
    Rasulullah Saw. telah bersabda :
عندما يموت إنسان ، يتم كسر جميع
أفعاله ، باستثناء ثلاثة أشياء ، وهي
إعطاء الزكاة معرفة مفيدة والأطفال
الأتقياء الذين يصلون من أجله
apabila manusia meninggal dunia, maka semua amal perbuatannya putus, kecuali tiga hal yaitu sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakanya. ( H.R.Muslim)
   A. Ketentuan Sedekah
Agama Islam telah menganjurkan kepada kita umat Islam agar bersedekah terutama kepada fakir miskin. Dan apabila kita member sedekha hendaklah barang yang kita sedekahkan masih dalam kondisi yang baik. Bersedekah huku- nya Sunah.
    Sedekah itu lebih baik diberikan secara sembunyi. Hal ini akan dapat menghindarkan kita dari sifat riya. Dalam sedekah ada faedah timbal balik. Orang yang menerima sedekah tertolong dari kesukaran, sedang orang yang memberi sedekah akan mendapat pahala di sisi Allah dan dihargai pula oleh orang - orang di sekitarnya. Tentu dengan catatan sedekah itu  diberikan dengan cara yang baik dan Ikhlas karena Allah semata - mata.
    Tahukah kamu ada perbuatan yang dapat menghilangkan pahala sedekah? Di bawah ini merupakan perbuatan yang dapat menghilangkan / merusak pahala sedekah kita , Yaitu:
  1.     Tidak Ikhlas
  2.     Menyakiti Perasaan si penerima
  3.     Menyebut - nyebut sedekah yang telah di berikan
  4.     Riya ketika member sedekah.

Firman Allah Swt. telah menyatakan :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَىٰ كَالَّذِي يُنْفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَأَصَابَهُ وَابِلٌ فَتَرَكَهُ صَلْدًا ۖ لَا يَقْدِرُونَ عَلَىٰ شَيْءٍ مِمَّا كَسَبُوا ۗ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي
الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.
(Q.s. Al Baqarah : 264 )

Dalam sedekah ada ketentuan - ketentuan yang harus di pahami. ketentuan sedekah itu diantara lain : 1. Niat bersedekah karena Allah, 2. Dilakukan dengan hati yang ikhlas. 3. Barang yang di sedekahkan
 bermanfaat. 4. Lebih utama kepada orang yang membutuhkan.

    B. Manfaat Sedekah

   Setiap sesuatu yang dianjurkan atau di perintahkan dalam ajaran agama Islam selalu ada manfaatnya. Begitu pula dalam sedekah ada manfaatnya, baik manfaat diri se pemberi maupun bagi orang lain yang menerima sedekah. Manfaat sedekah di antaranya adalah Sebagai berikut:

  1.     Meringankan beban dan penderitaan orang lain
  2.     Mempererat hubungan silaturahmi
  3.     Menghilangkan Sikap kikir/Pelit
  4.     Mendapat Pahala
  5.     Mengamalkan ajaran Agama Islam
  6.     Mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan di tengah - tengah kehidupan bermasyarakat
  7.     Menumbuhkan rasa peduli kepada sesame
  8.     Nabi Muhammad Saw. telah banyak memberikan contoh dalam bersedekah.

Kita perlu ingat sabda Nabi Saw. yang artinya sebagai berikut:

“ Setiap pagi ada dua malaikat turun kepada hamba - hamba Allah, Salah satu dari malaikat itu berdoa: Ya Allah, berikan kepada orang yang bersedekah pengantinya. Dan malaikat yang satu lagi berdoa: Ya Allah, berikanlah kepada orang yang enggan bersedekah kemusnahan. “( Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)
     Orang yang bersedekah tidak akan menjadi miskin, sebab biasanya harta/barang yang di sedekahkan itu hanyalah sebagian saja dari harta yang dimilikinya. Orang yang bersedekah bahkan di doakan oleh malaikat, agar Allah member ganti terhadap harta yang telah di sedekahkan. Sebaliknya orang yang kikir tidak mau sedekah di doakan malaikat juga semoga Allah memusnahkan harta yang di milikinya.
 



Share:

No comments:

Post a Comment

ADIT. Powered by Blogger.

Popular Posts

Flag Counter

Total Pageviews

contact Froms