Blog ini berisikan tentang perkembangan agama islam serta sejarah - sejara perkembang islam dan aturan - aturan yang ada di dalam islam serta Soal - soal Pelajaran PAI

Indah nyamenjalin Persaudaraan (ukhuwa) dan Hikmammenjalin persaudarraan




إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.  (Q.s Al- hujarata ayat 10)


       Allah swt. Menegaskan dalamayat 10 bahwa sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara seperti hubunga persaudaraan antara orang-orang seketurunan karena sama-samamenganutunsur keimanan yang sama dan kekal.

Setiap muslim memiliki ha katas saudarannya sesama muslim .Dalam hadis riwayat bukhari dari Anas bin Malik, Rasullulah saw bersabda, “ Orang muslimitu saudara orang muslim ,jangan berbuat aniaya kepadanya, jangan membuka aibnya, jangan menyerahkan kepada musuh, dan jangan meninggikan bagian rumah sehingga menutup udara tetangganya kecuali dengan izinnya, jangan menggangu tetangganya dengan asap  makanan dari periuknya kecuali jika ia memberi semangkuk dari kuahnya. Jangan membeli buah-buahan untuk anak-anak ,lalu dibawa keluar (diperlihatkan) kepada anak-anak tetangganya kecuali jika mereka diberibuah-buahanya itu.  “ kemudian Nabi saw. Bersabda, “ perliharalah (norma-normapergaulan) tetapi (saying) hanyasedikit di antarakmu yang memeliharanya.” Dalam Hadisshahih lain disebutkan“ Apabila seorang musllim mendo’akan saudaranya tersebut maka malaikat berkata amin dan semoga kamu pun mendapat seprti itu.”.

Dalamhadis Rasullulah saw. Juga dijelaskan bahwa orang mukmin yang satu dengan yang lain bagai satu badan maksudnya seperti ini.

          Perumpumaaan orang-orang mukmin dalam halkasih ,syang dan kecenderunganjiwa (simpati) seperti perumpaman jasad/tubuh. Jika salah satu anggota tubuh sakit maka tubuh akan merasakannya, yaitu tidak bisa tidur dan (sakit) demam.

Dalam hadis lainnya pun ada seperti H.R. Muslim

        Yang berisi : Abu Musa mengatakan bahwa Rasullulah bersabda, “Orang mukmin yang satu dengan lain bagai satubangunan yang dibagian-bagian nya saling mengokohkan.

           Dari hadis yang pertama dapat kita pahami bahwa persaudaraan antara muslim bagaikan satu badan jika ada salah satu anggota badan yang tersakiti maka semuanya akan merasa kan. Contoh kecil dalam kehidupan sehari-hari ketika kita sedang asyik berjalan tanpa disengaja kaki kita tersandung batu, pasti seluruh anggota tubuhakan segera bereaksi,otak memerintah kan kaki untuk berhenti, mata menangis, lisan kesakitan, tangan pun tidak kalah ketinggalan untuk memijat tepat di kaki yang sakit. Semuanya terjadi secara otomatis tanpa ada perintah. Subahanallah.

Kemudian hadis yang kedua menjelaskan bahwa mukmin satu dengan mukmin lainya. Seperti halnya sebuah gedung betapa pun serasi warna cat yan di gunakan serta kokoh pondasi dan tiang pancangnya namun bila kondisi pintu dan jendela yang ada sangat parah , maka bangunan tersebut tidak mengagumkan keadaan seperti ini sangat rawan terhadap pencurian , juga terlihat tidak indah.

Itulah perumpaan umat islam ,laksana satu jasad atau satu bangunan semuanya saling melengkapi alangkah indah dan damai nya umat islam jika kita benar-benar melaksana kan sunah yang telah diwariskan oleh sang Rasul.



_Hikmanhdalammenjalinpersaudaraan

  • Mendapatridadari Allah swt

  • Memperkokohpersatuanumatislam.

  • Disenangiolehmanusia

  • Menambahbanyakdanberkahrezeki

  • Memupuk rasa cintakasihterhadap sesame, meningkatkan rasa kebersamaandan rasa kekeluargaanmempereratdanmemeperkuattalipersaudaraandanpersahabatan
Share:

No comments:

Post a Comment

ADIT. Powered by Blogger.

Popular Posts

Flag Counter

Total Pageviews

contact Froms