Blog ini berisikan tentang perkembangan agama islam serta sejarah - sejara perkembang islam dan aturan - aturan yang ada di dalam islam serta Soal - soal Pelajaran PAI

SIFAT JAIZ ALLAH


SIFAT JAIZ ALLAH  DI IBARAT KAN

Ada Seorang ibu bernama siti yang sedang menjemur pakaian. Dalam hati ia berdoa hari ini tidak turun hujan. Karena pakaian keluarganya masih basah. Berbeda halnya  dengan  pak Rasyid menginginkan hujan. Beliau berharap cuaca dingin.
            Di siang hari , cuaca begitu terang seperti harapan ibu Siti,  semua jemuran   telah kering. Namun Menjelang sore hari, hujan turun. Harapan Pak Rasyid di kabulkan.
Cerita diatas mengandung makna dari sifat jaiz ALLAH SWT.
Sebelum Allah menurunkan hujan, ada dua permintaan  yang diharpka. Yaitu harapan agar hujan tidak diturunkan dan harapan agar hujan diturunkan. Allah memiliki kekuasaan untuk melakukan keduanya. Allah telah melakukan apa saja yang dia kehendaki. Allah mengabulkan doa bu Siti dan Pak Rasyid. Jadi Allah tetap Mahakuasa dan juga Maha Adil.

·         MENYEBUTKAN SIFAT JAIZ ALLAH

Sifat – sifat Allah ada yang wajib mustahil, dan sifat jaiz. Sifat wajib Allah Berjumlah 20 sifat. Begitu juga sifat mustahil, Allah berjumlah 20 sifat. Sedangkan  sifat Jaiz Allah SWT hanya ada satu Yaitu;
Fi’lu kullu mumkinin au tarkuhu
                       Artinya: “ Allah boleh mengerjakan sesuatu atau meninggalkannya”.


·         MENGARTIKAN SIFAT JAIZ  ALLAH

JAIZ artinya boleh, dapat atau bisa berbuat apa saja. Sifat Jaiz adalah keadaan dimana seseorang boleh berbuat apa saja dan tidak ada yang melarang. Jadi, sifat jaiz Allah adalah kondisi dimana Allah boleh mengerjakan sesuatu ataupun meninggalkannya.
            Mengimani sifat jaiz Allah adalah mempercayai dengan penuh keyakinan bahwa Allah bersifat bebas, boleh berbuat sesuatu, dan boleh meninggalkanya, sesuatu tersebut boleh terjadi atau boleh tidak terjadi.
            Dengan sifat jaiz Allah , berarti Allah bebas menciptakan sesuatu, sesuai dengan kehendak-nya tanpa di pengaruhi oleh siapa pun. Misalnya Allah dapat saja menjadikan umat manusia itu tidak sama.

SIFAT JAIZ ALLAH                                                          
Ada yang perempuan, ada yang laki – laki , ada yang melihat, ada juga yang  buta. Perhatikan firman Allah dalam surah Ali’ Imran ayat 26
Quli Allahumma malikal mulki tu’til mulka man tasya’u wa tunzi’ul mulka mimman tasya’u wa tu’izzu man tasya’u wa tuzillu man tasya’u biyadikal khairu innaka ‘ala kulli syai’in qadir.
Artinya :
“ Katakanlah : “ Wahai Tuhan yang memiliki kekuasaan ! Engkau beriikan Kekuasaan kepada orang yang engkau kehendaki dan engkau cabut kekuasaan dari orang yang Engkau kehendaki,  Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segalasesuatu( Q.S. Ali ‘Imran {3} : 26)
            Dengan mengimani sifat jaiz Allah akan meningkatkan keimanan bahwa Allah Mahasempurna tanpa kekurangan apa pun. Walaupun Allah  memiliki kebebasan untuk berbuat apa saja , namun Allah tidak akan berbuat sesuatu yang tidak baik mendatangkan kebaikan bagi manusia., Ilmu kedokteran semakin berkembang.  Allah menciptakan nyamuk juga ada hikmahnya, diantaranya adalah agar manusia selalu menjaga kebersihan lingkungannya, dan dengan  adanya nyamuk, lapangan kerja menjadi terbuka diperusahaan obat anti nyamuk.


Share:

No comments:

Post a Comment

ADIT. Powered by Blogger.

Popular Posts

Flag Counter

Total Pageviews

contact Froms