Blog ini berisikan tentang perkembangan agama islam serta sejarah - sejara perkembang islam dan aturan - aturan yang ada di dalam islam serta Soal - soal Pelajaran PAI

Idul Fitri

 Idul Fitri

Tahukah kamu arti kata idul fitri?
Id  Berarti kembali sedangkan fitri berarti suci atau bersih.
Jadi idul fitri berarti kembali menjadi suci.
        Umat islam merayakan idul fitri setiap 1 Syawal. Imat islam merayakan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadan. Idul fitri merupakan hari kemenangan setelah umat isla berhasil mengalahkan godaan setan yang mengajak umat islam untuk melanggar perintah Allah Swt. Dibulan puasa Ramadan.
       Orang yang beridul fitri ( berlebaran) bukan hanya orang yang berpakaian serba baru. Akan tetapi, sesungguhnya orang yang takwanya kepada Allah Swt.
meningkatkan dan bertamabah itulah yang di sebut orang yang beridul fitri.
Seorang ahli hikmah berkata “ليس العيد لمن لبس الجديد ولكن العيد لمن تقواه يزيد” yang artinya, bukanlah hari raya bagi orang yang menggunakan segala sesuatu yang serba baru, tetapi hari raya adalah bagi orang yang bertambah ketakwaannya.
Salat Idul Fitri
       Pada pagi hari raya idul fitri, kita menyaksikan umat islam berbondong - bonding pergi menuju ke masjid - masjid atau lapangan untuk melaksanakan salat Id secara berjamaah.Sebelumnya, semalam suntuk mereka telah bertakbir mengagungkan kebesaran nama Allah swt. mereka bersama - sama mengumandangkan takbir, tahmid,tasbih, dan tahlil. Mereka  juga membayar zakat fitrah melalui panitia zakat fitrah untuk di berikan yang berhak menerimanya.

a. Hukum Salat idul Fitri

     Mengerjakan salat Idul Fitri hukumnya sunah muakkad. ini berarti slat idul fitri merupakan salat yang sangat dianjurkan untuk di kerjakan. Rasullullah Saw. Semasa hidupnya selalu mengerjakan salat idul fitri bersama - sama dengan para sahabat beliau. Sebagai umat islam yang baik, kita sudah sepatutnya mengerjakan hal yang di contohkan Rasullulah Saw.
     kita mengerjakan salat Idul Fitri sebanyak dua rakaat. Salat ini di kerjakan pada 1 Syawal sesudah terbit matahari sampai menjelang tergelincirnya matahari, kira - kira pukul 06.30 pagi sampai pukul 11.30 siang.
     Salat idul fitri boleh dikerjakan di musallah, masjid atau di tanah lapang. Salat Idul Fitri yang dikerjakan di lapangan itu lebih utama sesuai dengan apa yang telah dicontohkan Nabi Muhammad Saw.

 b. Sunah - sunah salat Idul Fitri

     Sebelum kita mengerjakan salat Idul Fitri, hendaknya kita memperhatikan beberapa hal yang disunahkan dalam mengerjakan salat Idul Fitri. Kita disunah beberapa hal yang di sunahkan untuk melakukan hal - hal berikut ini sebelum mengerjakan salat Idul Fitri.
1.      Mandi lebih dahulu sebelum pergi salat Idul Fitri.
2.      Memakai pakaian yang paling bagus yang kita miliki. Sebaiknya kita lebih mengutamakan untuk mengenakan pakaian yang berwarna putih.
3.      Makan dan minum lebih dahulu sebelum kita pergi untuk salat Idul Fitri.
4.      Memakai wangi-wangian.
5.      Melalui jalan yang berlainan ketika pergi dan pulang dari mengerjakan salat Idul Fitri
6.      Mendengarkan khotbah Idul Fitri dengan Khusuk dan tenang
7.      Mengumandangkan takbir.

    Pada hari raya Idul Fitri, kita, umat islam dianjurkan memperbanyak takbir sejak terbenamnya Matahari di malam Id sampai salat selesai atau imam selesai salat Idul Fitri. Mengumandangkan takbir kita lakukan di berbagai tempat, seperti , masjid, musallah,pasar,rumah, serta di jalan raya.

c. Cara - cara (kaifiyat) mengerjakan salat Idul Fitri

     Syarat dan rukun salat idul fitri sama dengan salat fardu lima waktu. Hanya yang berbeda adalah bacaan niat dan takbir pada salat Idul Fitri. Dalam salat Idul fitri terdapat 12 kali takbir. Tujuh kali takbir pada rakaat pertama dan lima kali pada rakaat kedua. Adapun kafiyat salat idul fitri adalah sebagai berikut;
1.      Tidak memakai ( tidak disunah kan) azan dan iqamah.
2.      Menghadap kiblat
3.      Berniat mengerjakan salat idul fitri didalam hati.
4.      Kita mengerjakan sala idul fitri sebanyak dua rakaat serta di sunahkan unrruk berjamaah
5.      Pada rakaat pertama disunahkan takbir 7 kali sedangkan pada rakaat kedua disunahkan takbir 5 kali. Selain itu diantara takbir dengan takbir berikut disunahkan membaca tasbih
6.      Mengangkat kedua tangan setinggi bahu pada tiap - tiap takbir
7.      Imam menyaru

Share:

No comments:

Post a Comment

ADIT. Powered by Blogger.

Popular Posts

Flag Counter

Total Pageviews

contact Froms