Pages

Thursday, November 14, 2019

HARI KIAMAT - ( HARI AKHIR )


A. Pengertian Hari Akhir

Hari akhir disebut juga hari kiamat, Hari Kiamat adalah hari berakhirnya kehidupan di alam dunia ini.  Pada hari kiamat segala yang ada du alam semesta beserta isinya, termasuk manusia akan musnah binasa. Manusia selanjutnya akan hidup dalam alam akhirat atau alam Baqa ( alam untuk hidup selam - lamanya).
            Beriman Kepada hari Akhir termasuk rukun iman kelima yang wajib kita imani. kita tidak dapat mengetahui kapan berakhirnya kehidupan dunia ini, kecuali Allah Swt. yang telah menciptakan alam semesta.
وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَنْ فِي الْقُبُورِ

Terjemah Artinya: Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.
( Q.S. Al Hajj; 7)
            Dari ayat di atas jelaslah bahwa hari kiamat itu pastilah datang, namun, selain Allah Swt tidak ada seorang makhluk pun yang mengetahui kapan akan terjadinya hari kiamat. Hal ini karena hanya Allah- Lah yang menciptkan, memelihara, dan menghancurkan alam semesta jika dia meghendaki. Allah Swt hanya member tahu kepada kita tentang tanda - tanda datangnya hari kiamat agar kita bersiap - siap menghadapinya dan selalu beramal salih.
            Kehidupan manusia pada suatu saat akan berakhir yaitu pada saat mati. Setiap kita harus yakin bahwa kematian adalah suatu hal yang pasti akan datang dan akan dialami oleh setiap makhluk hidup. kemudian bila hari akhirat atau hari kiamat tiba, semua mahluk akan binasa tidak tersisa. Hanya Allah - lah yang kekal abadi. Kiamat seperti ini  disebut Kiamat Kubra.  
Kiamat di bagi menjadi yaitu Kiamat sugra dan kiamat kubra:

1. Kiamat Sugra

            Artinya Kiamat Sugra adalah kiamat kecil, atau berakhirnya sebagian kehidupan di dunia. Kematian seorang manusia termasuk kiamat sugra. Tidak ada seorang pun yang mengetauhi dengan pasti kapan dia akan mati. Sebagai seorang beriman,kita harus berkeyakinan bahwa kiamat sugra pasti akan di alami oleh setiap makhluk yang bernyawa.
كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا
الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Terjemah Arti: Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.
       ( Q.S. Ali - Imran : 185 )
Apabila Sesorang telah sampai ajalnya, kematian tidak akan bisa di majukan atau dimndurkan walau sesaat. Ketika sorang meninggal dunia maka ruh akan meninggalkan jasadnya dan akan kembali kepada Allah karena ruh berasal dari Allah Swt. Setelah ruh berpisah dari jasadnya maka jasad manusia kan hancur menjadi tanah sebab berasal dari tanah. Ruh kemudian akan berada di alam barzah atau alam kubur. ALam barzah adalah Alam perantara anatara dunia dan akhirat.
            Di alam barzah ruh manusia akan menunggu sampai hari kiamat tiba. Di alam barzah ini juga manusia akan didatangi oleh dua malaikat, yaitu Munkar dan Nakir , Yang akan menanyai tentang keimanan dan amal perbuatannya selama hidup di dunia.
            Apabila di dunia manusia itu membawa kebaikan maka akan merasakan nikmat kubur yang Allah Swt sediakan untukya. Sebaliknya, apabila di dunia manusia itu tidak bisa mempertanggung jawabkan semua perbuatan semasa hidupnya maka akan merasakan siksa kubur yang Allah telah siapkan untuknya sampai datangnya kiamat kubra.
            Manusia yang telah meninggal dunia segala amal perbuatannya yang berhubungan  dengan dunia terputus kecuali tiga hal yang tidak akan terputus, yaitu:
·         Amal jariah, antara lain harta yang diwaqafkan atau di sumbangkan untuk kepentingan  orang      banyak.
·         Ilmu yang bermanfaat
·         Anak salih yang selalu mendoakan kedua orang tuanya.
Selain kematian, ada pula beberapa contoh lain dari kiamat sugra. seperti gempa bumi, banji atau gunung meletus.

2. Kiamat Kubra

            Kiamat kubra atau kiamat besar, adalah berakhirnya semua kehidupan di alam semesta. Alam semesta beserta isinya hancur tanpa sisa, termasuk makhluk gaib. Allah Swt menggambarkan bah wa ketika hari kiamat tiba manusia bagaikan anai - anai yang berterbangan.
اِذَا زُلۡزِلَتِ الۡاَرۡضُ زِلۡزَالَهَا
1. Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,
وَاَخۡرَجَتِ الۡاَرۡضُ اَثۡقَالَهَا
2. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
وَقَالَ الۡاِنۡسَانُ مَا لَهَا‌
3. Dan manusia bertanya, “Apa yang terjadi pada bumi ini?”
يَوۡمَٮِٕذٍ تُحَدِّثُ اَخۡبَارَهَا
4. Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,
بِاَنَّ رَبَّكَ اَوۡحٰى لَهَا
5. karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya.
يَوۡمَٮِٕذٍ يَّصۡدُرُ النَّاسُ اَشۡتَاتًا ۙ لِّيُرَوۡا اَعۡمَالَهُمۡؕ
6. Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.
فَمَنۡ يَّعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ خَيۡرًا يَّرَهٗ
7. Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,
وَمَنۡ يَّعۡمَلۡ مِثۡقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ
8. dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.
( Q.S. Az - Zalzalah; 1- 8 )

1 comment:

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is ready -

    Plus, making profit with it is as easy as 1---2---3!

    This is how it works...

    STEP 1. Input into the system what affiliate products the system will advertise
    STEP 2. Add push button traffic (this ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system explode your list and sell your affiliate products all by itself!

    Are you ready to make money automatically?

    Click here to start running the system

    ReplyDelete