Pages

Tuesday, November 05, 2019

Beriman Kepada Allah



  •      Meyakini Allah Swt. Itu Ada

Zat Allah adalah sesuatu yang gaib. Akal pikiran kita tidak mungkin dapat memikirkannya. Oleh sebab itu, mengenai adanya Allah, kita harus yakin dengan apa yang di jelaskan Allah melalui firman – firman-Nya dan bukti – bukti adanya alam semesta beserta isinya. Ketika Rasulullah saw. Mendapat kabar tentanga dan sekelompok orang yang berusaha memikirkan dan mencari hakikat zat Allah, beliau melarang melakukan hal tersebut. Rasulullah saw. Bersabda sebagai berikut .

التفكير في خلق الله ولا تفكر في جوهر الله لأنك حقا لن تكون قادرة على القيام بذلك
Artinya :
“Ibnu Abbas r.a, diceritakan ada suatu kaum yang memikirkan tentang zat  Allah, maka Nabi bersabda, “pikirkanlah tentang ciptaan Allah dan jangan pikirkan tentang zat Allah karena sesungguhnya kamu tidakakan mampu melakukan “ ( H.R. Abu Asy-Syaikh)

Akal pikiran kita dapat di gunakan untuk memikirkan dan merenungkan ciptaan Allah Swt. Dengan didukung oleh keteranganayat – ayat Al – Qur’an dan sunnah Rasulullah sehingga keimanan kita terhadap Allah Swt. Akan bertambah dalam hidup dan kehidupan manusia.
  •          Memiliki Sikap Sebagai Implementasi Iman Kepada Allah.

Pecaya kepada Allah Swt. Harus di tetapkan dengan perilaku sehari – hari berikut penerapan keyakinan kepada Allah Swt. Dalam kehidupan sehari – hari
  1.         Mempercayai adanya Allah Swt. Secara umum atau garis besar ( ijmali ) Maksudnya, kita percaya bahwa Allah Swt. Itu ada dia maha pencipta, maha pengatur, maha sempurna, mahakuasa hanya dialahTuhan yang pantas di sembah oleh kita semua. Hanya dialah tempat manusia memohon pertolongan, sertahanya dialah tempat manusia akan kembali.
  2.          Mempercayai adanya Allah Swt. Secara terinci ( Tafsili ) Maksudnya, kita percaya dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt. Mempunyai sifat – sifat dengan wajib dan yang mustahil yang jumlah keduanya sama yaitu 20 sifat dan Allah juga mempunyai sifat jaiz dalam kuasa dan kehendak-Nya. Selainitu Allah Swt. Juga memliki sifat – sifat kesempurnaan seperti yang terdapat dalam 99 asma Allah yang di kenal dengan “ Asma’ul Husna “.


  •         Mengerti Makna Iman Kepada Allah

Seorang muslim harus memahami makna iman kepada Allah, yaitu percaya kepada Allah dengan sungguh – sungguh, dengan cara di ucapkan dengan lisannya dan di benar kan dengan hatinya tentuakan selalu berusaha untuk berprilaku terpuji dalam kehidupan sehari – hari. Selain itu seorang muslim harus yakin dengan bukti – bukti ciptaan Allah. Berikut bukti – bukti adanya Allah Swt.
1.      Ayat – ayat Al – Quran
Di dalam Al – Quran terdapat ayat – ayat yang menjelaskan tentang adanya Allah Swt. Antara lain sebagai berikut :
a.       Surat Al- Baqarah ayat 163

وَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيمُ

Artinya : Dan tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Tidak adaTuhan selain Dia. Yang  maha pengasih, maha penyayang “( Q.S. Al – Baqarah/2:163)
b.      Surat Ar – Rum ayat 25

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ تَقُومَ السَّمَاءُ وَالْأَرْضُ بِأَمْرِهِ ۚ ثُمَّ إِذَا دَعَاكُمْ دَعْوَةً مِنَ
الْأَرْضِ إِذَا أَنْتُمْ تَخْرُجُونَ

Artinya :” Dan di antaratanda – tanda( kebesaran )Nya ialah berdiri nyalangit dan bumi dengan kehendak-Nya kemudian apa bila Dia memanggil kamu sekali panggil dan bumi , seketika itu kamu keluar ( dari Kubur )” ( Q.S. Ar – Rum/30:25 )

Jenis bukti berupa ayat – ayat Al – Quran atau firman Allah ini membuktikan bahwa Allah itu ada.

2.      Kejadian Alam Semesta

Alam semesta ini merupakan bukti yang paling sederhana yang Allah sediakan bukti fisik ini tersedia bagi semua orang di saat kita melihat gunung, sungaidankeindahanalamse keliling kita, kita akan segera merasa bahwa semua itu tidak hadir begitu saja mengapa alam bias seindah itu?
Alam semesta ini bukan sekedar indah, namun luar biasa besarnya dan sangatlah teratur. Hal – hal yang kejadiannya tidak beraturan sangatlah susah di perhitungkan. Seluru halam semesta bergerak dalam suatu keteraturan. Bagaimana mungkin dunia dan alam semesta ini bergerak sedemikian teratur jika tidak ada yang mencipta dan mengaturnya ?
Diaadalah Allah Yang Maha Pencipta dan pengatur alam semesta dan isinya dalam surah Ibrahim ayat 32 Allah Swt. Berfirman :

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ ۖ وَسَخَّرَ لَكُمُ الْفُلْكَ
لِتَجْرِيَ فِي الْبَحْرِ بِأَمْرِهِ ۖ وَسَخَّرَ لَكُمُ الْأَنْهَارَ


Artinya :
Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezeki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu, berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai.
(Qs. Ibrahim/ 14: 32 )

3.      KejadianManusia

Lewat kejadian manusia terbukti bahwa manusia diciptakan oleh Zat Yang Maha Kuasa . Tidak mungkin manusia itu ada dengan sendirinya,.Tidak mungkin pula manusia diciptkan oleh mahkluk biasa, bahkan menjadi makhluk yang terbaik di anatara seluruh makhluk –Nya .Allah berfirman sebagai berikut :

وَلَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ مِن سُلَٰلَةٍ مِّن طِينٍ
ثُمَّ جَعَلْنَٰهُ نُطْفَةً فِى قَرَارٍ مَّكِي

ثُمَّ خَلَقْنَا ٱلنُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا ٱلْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا ٱلْمُضْغَةَ عِظَٰمًا فَكَسَوْنَا ٱلْعِظَٰمَ لَحْمًا ثُمَّ أَنشَأْنَٰهُ خَلْقًا ءَاخَرَ ۚ فَتَبَارَكَ ٱللَّهُ أَحْسَنُ ٱلْخَٰلِقِينَ

"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah." (QS. al-Mu’minun : 12

"Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim)." (QS. al-Mu’minun : 13)

"Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik."
(QS. al-Mu’minun : 14)

(Q.S. Al – Mu’minun/23:12 -14)

Satuhal lagi yang membuktikan bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Allah Swt. Yang mempunyai keunikan karena sejak manusia pertama kali di ciptkan sampai sekarang sudah bermilyar – milyar jumlahnya. Namun dari jumlah yang besar itu, tidak ada seorang pun yang memiliki kesamaan dengan seorang yang lainya bahkan anak kembar sekalipun. Hal ini membuktikan bahwa kejadian manusia diatur, diarahkan oleh satu kekuatan Yang Maha Tinggi, Maha Pengatur, dan Maha BijaksanaYaitu Allah Swt.


2 comments:

  1. If you're trying to lose fat then you certainly have to start following this brand new custom keto meal plan diet.

    To create this keto diet, certified nutritionists, personal trainers, and cooks joined together to produce keto meal plans that are effective, suitable, cost-efficient, and satisfying.

    Since their launch in early 2019, thousands of people have already completely transformed their body and health with the benefits a great keto meal plan diet can offer.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones offered by the keto meal plan diet.

    ReplyDelete
  2. Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT

    Well over 160 thousand men and women are hacking their diet with a easy and secret "liquid hack" to drop 2lbs every night in their sleep.

    It is scientific and works all the time.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Grab a glass and fill it up half full

    2) And then follow this awesome hack

    and you'll become 2lbs thinner the next day!

    ReplyDelete