Pages

Wednesday, April 22, 2020

Pengertian Zikir dan Doa Sesudah Salat

    Menurut bahasa Arab, Zikir artinya ingat atau mengingat. Zikir adalah mengingat Allah swt yang di lakukan dengan hati dan lisan berupa bacaan kalimat - kalimat yang baik ( tabyyibah ), seperti tasbih, tahmid , takbir dan sifat - sifat kesempurnaan yang di miliki oleh Allah swt. Seperti asmaul husna.
     Zikir biasanya dilakukan sesudah melakukan salat fardu lima waktu. Sebab salat merupakan alat komunikasi anatara seorang hamba dengan Sang Pencipta. Sebagai muslim, kita harus selalu mengingat dan bersyukur atas segal nikmat yang telah telah di terima. Dengan semakin kita ingat dan bersyukur kepada Allah swt niscaya Allah swt akan mengingat kita.



فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ


Terjemah Arti: Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

( Q.S. Al - Baqarah : 152 )

     Adapun Doa menurut bahasa Arab berarti permohonan ( harapan , permintaan dan pujian ) Kepada Tuhan. Menurut istilah ajaran agama Islam, doa adalah memohon kepada Allah swt dengan segala harapan, permintaan, dan pujian agar segala apa yang di panjatkan dapat di kabulkan Allah swt.
     Ajaran Islam mengajarkan kita untuk selalu memohon sesuatu hanyalah kepada Allah swt. Orang - orang yang meminta kepada selain Allah, apalagi sampai menyembahnya akan di jauhi Allah swt sebab memohon dan menyembah kepada selain Allah termasuk perbutan musyrik ( menyekutukan Allah ) dan berdosa besar.
    Allah swt adalah zat yang sangat menyukai terhadap hamba - hambanya yang mau berdoa kepadanya. Semakin banyak hambanya memohon, semakin banyak pula Allah berkenan mengabulkan segala doanya. Kedekatan Allah swt dengan hambanya bergantung pada kedekatan hamba-Nya kepada Allah swt.



وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ

فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.( Q.S. Al - Baqarah : 186 )

No comments:

Post a Comment