Pages

Thursday, April 09, 2020

PENGERTIAN DAN CONTOH SILATURAHMI


A.  PENGERTIAN DAN CONTOH SILATURAHMI


        Silaturahmi terdiri dari dua kata Yaitu Silatu, Yang berarti menyambung dan Rahmi Yang berarti kasih sayang. Jadi, Silaturahmi berarti menyambung kasih sayang. Silaturahmi akan mempererat hubungan antarindividu, Keluarga, Kelompok, Organisasi, Lembaga, bahakan Negara
        Adapun kasih sayang berarti dalam ikatan atau hubungan itu harus ada rasa kasih sayang. Kasih dan sayang tidak mungkin terjadi jika manusia hidup sendir. manusia tidak sanggup hidup sendirian tanpa kehadiran orang lain. Mereka harus saling berhubungan. Manusia sebagai makhluk sosial pasti akan membutuhkan bantuan dan pertolongan orang lain.
         Agar hidup kita menjadi tenang, tentram, damai, dan bahagia dunia dan akhirat maka kita harus dapat menjaga tali persaudaraan. silaturahmi juga dapat dilaksanaakan dengan berbagai cara, seperti 
Berkunjung ke rumah tetangga, kerabat, atau saudara yang berada disekitar tempat tinggal kita atau di luar kota.
        Memiliki banyak teman berarti mendatangkan banyak manfaat. Hal ini bisa kita lakukan dengan memperbanyak silaturahmi. Tentu pada waktu hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha  kita semua bersilaturahmi ke rumah tetangga atau saudara, bukan ? Ketika hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha tiba, kita harus membiasakan diri untuk saling bersilaturahmi sesama teman, tetangga, saudara, atau kerabat agar terjalin di antara sesama rasa kasih sayang dan persaudaraan.

Seperti Firman Allah Swt :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمُ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَآءً ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ٱلَّذِى تَسَآءَلُونَ بِهِۦ وَٱلْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Terjemah Arti: Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu (Q.S. An- Nisa:1 )

       Silaturahmi merupakan ibadah yang harus kita pelihara sepanjang masa. Silaturahmi dapat dilaksanakan kapan saja. Silaturahmi tidak boleh terputus. Apabila orang tua sudah meninggal dunia kita harus meneruskan hubungan persaudaraan atau persahabatan orang tua dengan orang lain sampai kita meninggal.
        Silaturahmi juga dapat memberi jalan keluar untuk banyak permasalahan yang kita hadapi. Jika hubunganmu dengan teman - teman baik, ketika kamu sakit tentu teman - teman akan ikut menyumbangkan tenaga, pemikiran atau dana demi kesembuhanmu. Bila ada keperluan yang menyangkut masalah pelajaran, kita dapat bertanya kepada teman - teman di sekolah.
Bila ada keperluan yang menyangkut masalah agama, kita dapat bertanya kepada ustad atau guru agama di sekolah. Bila ada keperluan yang menyangkut masalah keluarga kita dapat berdiskusi dengan anggota keluarga seperti kakak, adik, paman, atau bibi. Bila ada keperluan yang menyangkut masalah lingkungan,kita tentu perlu berkonsultasi dengan ketua RT, RW, Lurah, atau Camat. Semua itu hanya bisa kita lakukan dengan baik jika selalu menjalin silaturahmi dengan orang - orang yang kita datangi tersebut.

No comments:

Post a Comment